Tuesday, November 26, 2013

CHAPTER 2 - KAITAN EVENT DENGAN MANAJEMEN PERUSAHAAN



CHAPTER 2
KAITAN EVENT DENGAN MANAGEMEN PERUSAHAAN

Di indonesia khususnya dijakarta, perkembangan event semakin lama semakin pesat. Contoh yang sangat riil adalah ketika bulan liburan anak sekolah antara bulan Juni hingga Juli 2008 di Jakarta dipenuhi oleh acara-acara besar yang berusaha menarik pengunjung. Jika pada tahun-tahun sebelumnya event liburan didominasi oleh event-event organiser berskala besar seperti Java Musikindo, Original Productions, Ancol dan lainnya, maka bulan liburan tahun 2008 kemarin merupakan ajang unjuk gigi bagi hampir semua event organiser.

Di tahun 2007 event di jakarta yang besar adalah Holiday On Ice di Senayan dan Kids Circus di Dufan Ancol, maka di tahun ini beraneka ragam event digelar dimana-mana, misalnya Dino Alive di Senayan, Batman & Robin di Grand Indonesia, Bobo fair di Pondok Indah Mall, Doraemon di Balai Kartini, Kampung maen, Euro Kids Circus di Dufan-ancol, Cartoon Network Bouncy town di Ancol serta Police Academy stunt show di Ancol juga. Ancol menggelar tiga event besar sekaligus yang merupakan event terbesar sepanjang berdirinya.

Melihat data diatas, pasar liburan dijakarta akhir-akhir ini menjadi rebutan bagi para pelaku usaha dibidang event, belum lagi di tambah event-event yang diadakan di mal-mal dan plaza-plaza di seluruh jakarta, maka boleh dibilang perkembangan event di jakarta mengalami perkembangan yang sangat pesat.

Apa yang melandasi perkembangan event tersebut? Ada beberapa hal yang menjadi perhatian utama para analis event sehingga berani untuk adu kreasi penyelenggaraan event pada saat yang hampir bersamaan :
  1. pasar liburan bagi anak-anak di jakarta sangat tinggi. Dengan jumlah pelajar sekolah dari TK hingga SMA di jakarta sebanyak…………ditambah dengan keluarga yang mendampinginya merupakan value yang sangat besar.
  2. hiburan di jakarta memerlukan variasi yang cukup banyak selain berlibur ke tempat rekreasi, wisata belanja dan berpergian keluar kota
  3. pada saat yang tepat, para sponsor juga menginginkan pendekatan yang lebih kepada konsumen dan masyarakat agar produk dan jasanya dapat dinikmati para pelanggan dan calon pelanggannya secara langsung


BAGAIMANA MEMANFAATKAN  EVENT MARKETING UNTUK MEMBANTU BISNIS ANDA

Pernahkan anda memikirkan mengenai promosi bisnis anda dengan cara yang lebih proaktif daripada iklan atau selebaran? Pernahkan anda memikirkan mengenai beberapa metode agar konsumen bersedia datang? Salah satu cara untuk mempromosikan bisnis anda adalah melalui event marketing. Apa yang disebut dengan event marketing? Yaitu beberapa aktivitas yang saling terkait untuk menjual produk, mempromosikan bisnis, atau, mendorong suatu jenis pelayanan. Masih ada beberapa cara lain, namun ini merupakan cara yang unik dan efektif yang mungkin sesuai dengan anda.

Event marketing dapat melibatkan sebuah event yang sama seperti event olahraga. Jika usaha anda mempromosikan dan mensponsori acara pengumpulan dana dengan mengadakan turnamen softbal, sebagai contoh, ini merupakan event marketing. Bagaimana anda memilih event yang tepat agar strategi marketing anda berhasil? Ada beberapa hal yang dapat dipertimbangkan.

Pertama, event marketing anda seharusnya dapat menjadi daya tarik bagi target market anda. Konsumen atau konsumen potensial anda seharusnya memiliki satu atau beberapa macam profil. Dan anda, sebagai pemilik bisnis, seharusnya mengetahui profil tersebut. Jika anda tidak mengenal konsumen anda, tebak apa yang terjadi? Anda tidak akan mampu memasarkannya pada mereka. Event anda seharusnya menyediakan apa yang diperlukan oleh profil konsumen tertentu. Agar event anda berhasil, anda seharusnya langsung menarik perhatian konsumen anda. Sebagai contoh, jika anda menjual peralatan olahraga, buat event olahraga dan semacamnya. Jika anda menjual majalah, buat acara temu pengarang di toko anda. Anda harus selalu menyesuaikan event anda dengan profil konsumen anda.

Kedua, pelaksanaan event marketing yang anda lakukan seharusnya memiliki value bagi pengunjung. Pastikan mereka punya alasan untuk datang lebih daripada hanya mendengar produk atau layanan anda. Mereka tidak akan datang hanya untuk mendengar 15 menit iklan komersial. Buat waktu yang mereka luangkan berharga. Sediakan tawaran yang menarik atau diskon, sediakan sample gratis, atau buat mereka merasa senang seperti dengan melakukan golf outing. Pastikan bahwa anda tidak melakukan usaha komersial yang besar sementara mereka merasa hanya buang-buang waktu. Berikan mereka alasan yang kuat untuk datang dan berikan sebanyak mungkin yang anda bisa beberapa alasan bagi mereka untuk melakukan itu. Buat mereka merasa spesial dan dihargai dan mereka akan sebaliknya akan menjadi konsumen yang loyal.

Event marketing tidak hanya efektif, tapi juga jenis marketing yang menyenangkan yang dapat anda lakukan untuk bisnis anda. Ini merupakan kesempatan untuk bersenang-senang dan bergaul dengan konsumen dan konsumen potensial pada saat yang bersamaan perusahaan anda mempromosikan dengan cara yang lebih aktif. Pilihlah suatu nilai dan sesuatu yang konsumen anda akan nikmati dan event marketing anda tidak diragukan lagi akan sukses.


Contoh kasus : MANFAAT MARKETING PADA PAMERAN PERDAGANGAN DAN EKSPO

Ada sejumlah pilihan yang dapat dilakukan untuk mempromosikan dan memasarkan produk dan pelayanan yang anda miliki. Beberapa pilihan tersebut antara lain melalui: telemarketing, penjualan langsung, surat kabar, majalah, internet, brosur, buku telepon, televisi, radio, bill boards, selebaran, dan banyak lagi.

Berpartisipasi dalam Pameran Perdagangan, Ekspo, Festival, Seminar, Eksibisi, Konvensi, dan Konferensi adalah salah satu cara terbaik untuk mengekspos bisnis anda. Anda dapat menyebutnya apa saja. Setiap event yang memberikan anda kesempatan untuk memajang dan memamerkan produk dan layanan anda langsung pada konsumen potensial yang sudah menjadi target akan memberikan anda sejumlah manfaat dan keunggulan. 

Bukannya mengejar-mengejar konsumen (cold leads), anda sekarang memiliki sejumlah orang yang menjadi target market yang datang pada anda. Dan anda tidak lagi mengejar mereka. Anda dapat mulai membangun hubungan yang akrab dengan orang yang datang pada anda untuk menanyakan sesuatu, meminta brosur, bertukar kartu nama, melihat demo yang anda tunjukkan dan atau mereka yang mencoba sample.

Kebanyakan pilihan yang ada diatas melibatkan satu bentuk dari cold calling. Pada akhirnya anda tetap dapat mendapatkan deal dari cold leads, namun lebih mudah untuk melakukan follow up dengan orang-orang yang anda temui di pameran atau orang-orang yang direferensikan dari orang yang anda temui pada event tersebut.

Anda harus mencari Pameran Perdagangan atau Ekspo yang tepat yang memiliki catatan jumlah pengunjung yang ramai sehingga anda dapat menghemat waktu, biaya, dan tenaga. Paling tidak harus ada lebih dari seratus pengunjung. Anda juga harus melakukan konfirmasi bahwa pengunjung yang akan datang merupakan target pasar anda.

Orang-orang itu berusaha untuk datang ke event. Kebanyakan dikenakan biaya masuk atau paling tidak biaya parkir. Jadi anda bisa lihat bahwa mereka ingin dan bersedia membayar sejumlah uang untuk datang. Dalam beberapa hal mereka juga mengorbankan waktu mereka seharian, atau selama akhir pekan mereka agar mereka dapat hadir.

Orang-orang yang sudah masuk stand anda pasti memiliki perhatian akan produk dan layanan anda. Ini merupakan kesempatan langka untuk bertemu langsung dengan mereka yang merupakan pengambil keputusan. Mereka bisa saja pemimpin dan wakil pemimpin perusahaan, CEO, eksekutif perusahaan, atau bisa saja hanya sepasang suami-istri.

Anda juga dapat memperoleh referensi yang berkualitas dari mereka. Jika anda bertemu dengan orang yang ternyata tidak membutuhkan layanan atau produk anda, mereka tetap bisa mereferensikan teman, dan relasi yang mereka pikir akan tertarik. Mereka mungkin saja akan merekomendasikannya pada anda. Lebih mudah berhubungan dengan mereka ingin melakukan bisnis dengan perusahaan anda melalui referensi teman daripada anda mencoba cold call mereka.

Saat anda memberikan bahan promosi pada pengunjung Ekspo, kemungkinannya untuk dibaca lebih besar, atau paling tidak mereka akan meluangkan sedikit waktu untuk melihat, tidak seperti jika kita mengirimkan junk mail atau memberikan selebaran yang langsung dibuang ke tempat sampah.

Setiap perusahaan memiliki strategi sendiri untuk menghadapi pesaing dan menetapkan harga untuk beberapa produk dan jasa serupa yang ditawarkan. Ini merupakan cara yang baik bagi anda untuk meneliti pesaing dan eksibitor yang lain. Ambillah keuntungan dari kesempatan membentuk jaringan. Ini merupakan cara bagi anda dan eksibitor yang lain untuk saling mendapatkan keuntungan dengan bertukar link antar websites.

Berpartisipasi dalam sebuah Ekspo merupakan hal yang menyenangkan dan dengan atmosfir yang santai. Besarnya energi yang dihasilkan dari lantai pameran yang melibatkan pengunjung dan eksibitor lainnya dapat memberikan motivasi dan kesuksesan bagi anda.


No comments:

Post a Comment